Eksplorasi Konsep
Bapak/Ibu
CGP, Eksplorasi konsep untuk Budaya positif terdiri dari beberapa bagian yaitu.
2.1.
Perubahan Paradigma -Stimulus Respon lawan Teori Kontrol
CGP dapat memahami miskonsepsi tentang kontrol dan
selanjutnya mengadakan perubahan paradigma stimulus-respon menjadi teori
kontrol. CGP juga melakukan refleksi atas penerapan praktik disiplin yang
dijalankan di sekolahnya.
2.2. Arti Disiplin dan 3 Motivasi Perilaku Manusia
CGP dapat memahami konsep disiplin positif dihubungkan
dengan teori motivasi perilaku manusia, serta konsep motivasi internal dan
eksternal.
2.3. Keyakinan Kelas, Hukuman dan Penghargaan
CGP dapat memahami pentingnya memiliki keyakinan kelas
sebagai fondasi dan arah tujuan sebuah sekolah/kelas, yang akan menjadi
landasan dalam memecahkan konflik atau permasalahan di dalam sebuah
sekolah/kelas, yang pada akhirnya akan menciptakan budaya positif.
2.4.
Lima (5) Kebutuhan Dasar Manusia
CGP memahami bahwa setiap tindakan murid dilakukan untuk
memenuhi kebutuhan dasar mereka yang berbeda-beda dan agar menjadi individu
yang selamat dan bahagia, kebutuhan dasar harus terpenuhi secara positif. CGP
memahami bahwa kebutuhan dasar dapat dipenuhi dengan cara positif atau negatif
oleh karena itu peran guru adalah memberdayakan anak agar dapat memenuhi
kebutuhannya secara positif.
2.5 Lima (5) Posisi Kontrol
CGP dapat melakukan refleksi atas praktik disiplin yang
dijalankan selama ini dan dampaknya untuk murid-muridnya. CGP dapat mengetahui
dan menerapkan disiplin restitusi di posisi Monitor dan Manajer agar dapat
menciptakan lingkungan positif, aman, dan nyaman dan dapat menghasilkan
murid-murid yang lebih mandiri, merdeka, dan bertanggung jawab.
2.6 - Segitiga Restitusi
CGP memahami dan menerapkan restitusi melalui tahapan
dalam segitiga restitusi sebagai salah satu cara menanamkan disiplin positif
pada murid sebagai bagian dari budaya positif di sekolah agar menjadi murid
merdeka.