Komunitas praktisi atau community of practices (CoPs) merupakan sarana yang baik untuk mempelajari pengetahuan yang dapat bermanfaat dalam meningkatkan kinerja organisasi. Dalam komunitas praktisi, selain adanya penggunaan kembali pengetahuan untuk efisiensi yang lebih besar, juga mampu memfasilitasi penciptaan dan transfer pengetahuan untuk inovasi yang lebih besar. Dalam konteks organisasi sekolah, Di sinilah peran komunitas praktisi salah satunya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang harus dibangkitkan.
Goal nya :
Tujuan dari kegiatan Pendidikan Guru Penggerak angkatan 2 Lokakarya 2
ini diharapkan Calon Guru Penggerak mampu; 1). Menjelaskan manfaat berbagi dari
diskusi komunitas praktisi, 2). Mengidentifikasi manfaat komunitas praktisi
bagi sekolah masing-masing, 3). Mengidentifikasi tantangan dan peluang membuat
komunitas praktisi, 4). Menjelaskan peranan guru penggerak dalam membuat
komunitas praktisi, 5). Menganalisa diri dalam menjalankan perannya sebagai
guru penggerak untuk membuat komunitas praktisi, dan 6). Menjelaskan tahapan
menggerakkan komunitas praktisi.
Hasil :
Hasil yang diharapkan dari Pendidikan Guru Penggerak angkatan 2
lokakarya 2 ini adalah; 1). Pemetaan aplikasi komunitas praktisi di sekolah
masing-masing(manfaat, tantangan, peluang, cara), 2). Pemetaan kelebihan dan
kelemahan diri dalam menjalankan peranan sebagai guru penggerak untuk membuat
komunitas praktisi, dan 3). Rencana menggerakkan komunitas praktisi tahap
merintis di sekolah masing-masing.