Powered by Blogger.

Tuesday, April 12, 2022

Kasus 1 . Studi Kasus Kapten Kapal Modul 3.1 CGP

 

Kasus 1 Kapten Kapal

  1. 1. Memutuskan Kapten Kapal tidak bersalah

    2. Prinsip berfikir berbasis Aturan (Rule Based Thinking), karena pada saat itu ada dua kebenaran dalam situasi tersebut, bahwa sekoci kelebihan muatan, dan benar juga bahwa keadaan badai dan kapal tidak akan sanggup menahan kapasitas muatan yang berlebih dan hal ini akan membahayakan semua penumpang, walaupun keputusan ekstrem yang diambil tidak bisa dibenarkan juga namun pada saat itu pemikiran dan keputusan kapten sudah benar menurut saya. Karena aturan yang berlaku dalam dunia pelayaran sudah ada.

    3. Mari kita terapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan pada studi kasus Anda.
    a. Nilai yang bertentangan, pertama kapten bertanggung jawab atas keselamatan semua penumpang namun kondisi situasi tidak memungkinkan maka kapten mengambil keputusan ekstrem, kedua setiap penumpang memiliki hak untuk bertahan hidup dan tidak ada jalan lain hanya dengan menaiki kapal penyelamat yang kapasitasnya sedikit.

    b. Kapten Kapal

    c. Fakta pertama kapal akan karam kapal penyelamat hanya satu, kedua jumlah penumpang lebih banyak dari kapasitas kapal penyelamat, ketiga cuaca buruk sedang badai besar, keempat kapten harus memutuskan untuk keselamatan walau hanya sebagian penumpang.

    d. Uji kebenaran 

    • uji legal, dalam situasi ini ada pelanggaran hukum karena setiap penumpang berhak naik kapal penyelamat
    • uji regulasi, dalam kejadian tersebut tidak ada pelanggaran kode etik karena kapten berfikir untuk menyelamatkan penumpang
    • Uji institusi, keputusan kapten mendorong sebagian penumpang menurut saya salah
    • saya akan merasa bersalah, tidak nyaman karena bagaimanapun memaksa sebagian penumpang turun bukan hal benar.
    • Menurut saya panutan saya akan mengambil keputusan yang sama

    e. Prinsip dilema etika individu lawan masyarakat menurut saya karena pada saat kapten mengambil keputusan dia berfikir menyelamatkan sebagian penumpang walaupun ada penumpang yang dikorbankan dan pad akhirnya ternyata ada penumpang yang didorong kapten yang selamat yang akhirnya menuntut secara hukum.

    f. Sebagai juri saya akan menggunakan prinsip berfikir berbasis rasa peduli karena saya merasakan dan bisa membayangkan bagaimana posisi kapten pada saat mengambil keputusan tersebut

    g. Mungkin ada menurut saya bisa saja pada saat itu semua penumpang menggunakan pelampung atau benda lain yang bisa mengambang dan bisa dijadikan pegangan untuk menyelamatkan diri sampai bantuan datang.

    h. keputusan saya sudah berdasarkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan dan berharap ini keputusan yang tepat walau bukan yang terbaik.